Sorry for inconvienent. I use 2 language for this blog. Sometimes I used English, and sometimes I used Bahasa Indonesia. Thanks.

Maaf atas ketidaknyamanannya. Saya menggunakan 2 bahasa untuk blog ini. Terkadang saya menggunakan Bahasa Inggris dan terkadang saya menggunakan Bahasa Indonesia. Terima kasih.

Main Kantai Collection Menggunakan KCV

Gambar tampilan antarmuka KCV ketika mengalami eror.

Saya tidak akan banyak membahas tentang game tersebut, melainkan pengalaman saya menggunakan salah satu launcher game tersebut, yaitu Kancolle Viewer (KCV).

Saya akan ceritakan terlebih dahulu kronologi tentang percobaan saya memilih launcher untuk game Kantai Collection ini.

Launcher yang saya gunakan pertama kali adalah Kantai Collection Command Center atau yang lebih tren dengan singkatannya, KC3. KC3 ini menggunakan browser Google Chrome untuk berjalan. Dan KC3 ini berjalan di Chrome sebagai extension. Launcher ini menangkap informasi login user kita dari Chrome dan menjalankan game tersebut. Jadi, yang menyimpan cached files game-nya adalah Chrome. Saya merasakan launcher ini sangat baik. Membuat penggunanya dalam memainkan game menjadi lebih mudah dengan fitur-fitur seperti Strategy Room-nya. Saya sangat terbantu dengan adanya KC3 ini. Dan saat para pengembangnya merilis versi terbarunya, KC3Kai, saya pun ikut menggunakannya. Dan perkembangan launcher tersebut pun semakin bagus. Tapi yang saya sayangkan adalah ketika Chrome saya mengalami crash, semua file cache-nya akan rusak/hilang. Dan itu menyebabkan saya harus mengunduh ulang data game untuk di-cache oleh Chrome. Dan, kebetulan komputer saya sering mengalami mati tiba-tiba (arus listrik labil), jadi Chrome-nya pun mau-tidak-mau jadi crash.

Kemudian saya mencoba Kancolle Viewer (KCV). Berbeda dengan KC3, KCV adalah program tersendiri yang tidak menempel pada browser, tapi browser-nya lah yang menempel pada launcher ini. Dan bukan Chrome, melainkan Internet Explorer (IE). Yang menjadi pertimbangan saya, Chrome, jika mengalami crash, akan merusak file cache. Dan itu terbukti. Tapi (sepertinya) itu tidak berlaku pada IE. Jadi, saya lebih memilih KCV daripada KC3. Saya mainkan game-nya melalui KCV, IE pun mengunduh data game untuk di-cache, dan saya pun bisa bermain. Setelah selesai bermain, saya tutup KCV. Masalah datang saat saya buka KCV lagi untuk bermain. Setelah browser-nya selesai memuat halaman DMM-nya, pemberitahuan eror terpampang pada frame game dan game pun tidak meluncur. Saya cukup pusing dibuatnya. Saya coba menggunakan proxy, region cookie, bahkan update IE, Flash Player, sampai update Windows, tetap saja saya mengalami hal tersebut. Hanya "clear cache" lah yg bisa membuat game berjalan kembali. Tapi, saya jadi harus mengunduh ulang data game yang untuk di-cache itu. Ujung-ujungnya, sama kasusnya seperti KC3 tadi.

Tapi, setelah saya bertanya ke sana-ke mari, saya mendapat jawabannya. Yaitu gunakan KCV dengan API link. "Bagaimana caranya?" saya pikir. Karena setahu saya di KCV tidak ada menu seperti itu, berbeda dengan KC3. Lalu dia memberitahukan kepada saya cara memainkannya menggunakan API link. Saya kerjakan dan sambil bertanya-tanya, (Tapi, apa dengan menggunakan API link akan membuat KCV bisa meluncurkan game-nya? Tapi, apa salahnya dicoba). Setelah selesai, saya buka KCV, dan KCV pun langsung meluncurkan game dengan mulus. "Wah!"

Caranya adalah sebagai berikut:
  • Buka folder di mana file KancolleViewer.exe berada.
  • Di folder tersebut akan ada file bernama KanColleViewer.exe.config, bukalah menggunakan Notepad.
  • Cari script bertuliskan "<value><![CDATA".
  • Ganti isi link yang ada di dalamnya menjadi link API kita.
    Contoh: <value><![CDATA[http://222.222.222.222/kcs/mainD2.swf?api_token=xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx&api_starttime=xxxxxxxxxx]]></value>.
  • Simpan file tersebut dan cobalah luncurkan kembali KCV-nya.
  • Game akan berjalan dengan lancar.
Cara mengambil API link:
  • Buka browser-mu, dan kunjungilah Kancolle@DMM. Jika belum login, login lah, lalu kembali kunjungi link tersebut.
  • Setelah game-nya muncul, tekan F12 (Chrome), pilih tab Elements, lalu carilah (Ctrl+F) dengan keyword "api_starttime=". Di situ akan tertera link API kita.
  • Salin link API kita, dan tempelkan ke file config KCV tadi.
Ada yang bilang menggunakan API link akan meningkatkan kemungkinan akun kita akan terkena ban dari DMM, ada pula yang menyangkalnya. Tapi, bagi saya, sudah bisa bermain game "khusus di Jepang" supaya bisa dimainkan di sini saja sudah syukur, kalaupun di-ban, ya memang sudah seharusnya saya di-ban, karena saya memang tidak memainkannya di Jepang.

Sekian informasi (tidak penting) dari saya. Sekiranya ada yang kurang, silakan beri tahu saya, dan jika ada yang berlebih, beri tahu saya juga, karena saya orangnya ingin tahu. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar